Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gempa Situbondo Jatim





Gempa bumi Mag 6.4 : 61 km Timurlaut SITUBONDO - JAWA TIMUR
Menurut Informasi dari BMKGIndonesia mengamati bahwa gempa bumi yang terjadi di wilayah Situbondo pada hari kamis tanggal 11 Oktober 2018 pada pukul 01:44 WIB itu tidak berpotensi Tsunami (Event ini sudah direview oleh siesmologist)
Tindakan yang disarankan kepada seluruh masyarakat situbondo dan sekitarnya supaya tetap berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi. Tidak lama memberikan tindakan kepada masyarakat bahwa tetap berhati-hati, gempa bumi pun terjadi kembali di Situbondo dan mengalami gempa susulan yang terjadi kurang lebih sampai 13 kali selama satu hari penuh.

Menurut Beberapa Ahli
para peneliti memiliki pemikiran apakah terjadinya gempa di wilayah situbondo kemaren itu ada sangkut pautnya dengan gempa yang terjadi di palu?
Menurut BMKG gempa bumi yang terjadi tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan gempa yang terjadi di palu, namun mirip dengan gempa yang terjadi di Lombok,NTB karena sama-sama tidak berpotensi Tsunami.
Para peneliti mengatakan gempa yang terjadi adalah gempa dangkal yang tidak berpotensi Tsunami, terjadinya  gempa diakibatkan karena adanya pergesaran lempeng bumi yang terjadi di dasar laut.
Namun BMKG meneliti bahwa Jatim dilewati banyak sesar aktif yang bisa menyebabkan gempa, jadi BMKG menghimbau kepada masyarakat jatim untuk tetap berhati-hati karena gempa bisa terjadi kapan saja pada wilayah Jawa Timur.

Wilayah yang Terkena imbas Oleh Gempa Bumi di Situbondo-Jawa Timur
yaitu Sumenep, Bondowoso, Jember, Lumajang, Probolinggo, Banyuwangi, Bali, dan wilayah lain akibatnya, terjadi beberapa kerusakan pada wilayah tersebut dan seperti yang terjadi di salah satu Ruma Sakit di Surabaya akibat gempa yang terjadi di Situbondo yang terjadi pada hari kamis dini hari itu menyebabkan pasien rumah sakit di surabaya terpaksa di Evakuasi kehalaman rumah sakit karena gempa yang terjadi sangatlah berbahaya bagi penghuni rumah sakit tersebut, menurut keluarga pasien memang gempa yang terjadi cukup membuat para pasien dan penghuni rumah sakit panik dan berlarian keluar rumah sakit, setelah keadaan mulai tenang pasien kembali di bawa masuk ke tempat masing-masing.


Korban Akibat Gempa Bumi Situbondo – Jatim
 Gempa yang terjadi kemaren memakan 3 korban jiwa dan banyak rumah-rumah mengalami kerusakan yang cukup parah pada wilayah Situbondo. Dari kejadian tersebut Pemprov Jatim akan memberi bantuan kepada korban gempa tersebut. Dua kecamatan di Sapudi banyak bangunan yang rusak.
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan untuk kali ini, semoga korban bencana gempa kemarin di Situbondo diberi kesabaran dan 3 korban semoga di terima disisi Allah SWT. 

Semoga Pemerintah bisa segera memberikan tindakan bantuan kepada para korban.
Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.