Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses Evakuasi Korban Bencana Gempa di Palu


Pencarian Korban Pasca Gempa Bumi Donggala-Palu



Satu minggu lebih terjadinya gempa di donggala-Palu, hingga saat ini masih di lakukan pencarian korban bencana gempa, pencarian korban di ikuti oleh beberapa gabungan dari Tim SAR, Polisi, TNI, dan warga sekitar juga ikut membantu pencarian korban. Recananya pencarian akan di akhiri sampai dengan hari kamis sekarang ini, namun ada perpanjangan menjadi hari jum’at hari terakhir pencarian korban gempa  bumi ini.
Adapun para warga yang mengambil barang-barang mereka yang masih selamat.
Hari ini adalah hari terakhir pencarian korban bencana, mengapa? Karena, berpotensi membawa penyakit
Ada juga yang mendukung proses dihentikannya pencarian korban yaitu sesuai prosedur pencarian hanya di lakukan selama 7 hari. Namun, Tim SAR menambah waktu pencarian korban selama 2 minggu atau 14 hari. Ada pun informasi menurut masyarakat adanya penghentian pencarian ini bahwa masyarakat sudah ikhlas melepaskan keluarga nya yang belum di temukan jasad nya. Namun tim Sudah memberhentikan proses pencariannya, apabila warga masih ingin mencari sanak keluarga nya yang belum ketemu tetap diperbolehkan.
Menurut TIM SAR pencarian korban ini terbilang sulit dan berat karena diperkirakan korban berada di bawah runtuhan bangunan dan tertimbun lumpur, jadi korban sangat sulit sekali di temukan atau terdeteksi keberadaannya. Ada sebagian korban yang ditemukan namun sudah tidak dapat dikenali lagi wajahnya karena korban telah membusuk.
Rencananya sebelum dihentikannya proses evakuasi korban akan di laksanakan berdoa bersama di beberapa wilayah di palu itu. Berdoa bertujuan untuk mendoakan saudara-saudara kita yang menjadi korban disana, memberikan doa kepada masyarakat supaya diberi kesabaran atas apa yang terjadi ini.


Selain itu, sebanyak 67.310 rumah, 2.736 sekolah rusak, 20 fasilitas kesehatan dan 12 titik jalan rusak berat. Sebanyak 82.775 warga mengungsi di sejumlah titik di Palu, Donggala, dan Sigi
Begitu juga dengan para pengungsi di sana, banyak para relawan dari berbagai wilayah yang bersedia untuk memberikan bantuan kepada saudara kita disana, diberbagai wilayah banyak Organisasi yang menggalang dana dengan turun ke jalan raya dengan membawa kardus atau sebagainya biasanya mereka melakukan nya di Traffic Light, ada juga Mahasiswa dari berbagai Universitas di Indonesia juga melakukan nya. Jadi cukup banyak yang juga ikut membantu saudara kita di Palu. Semoga apa yang kalian perbuat dan apa yang kalian berikan bermanfaat bagi para pegungsi, jasa-jasa kalian tidak akan mereka lupakan karena mereka pun tak punya apa-apa lagi selain uluran tangan dari kita semua. Sedikit yang penting ikhlas untuk menolong sesama.
Semoga apa yang terjadi pada saudara kita di sana bisa membuat berkah bagi mereka semua dan pelajaran bagi kita semua.




Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.