Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya dan Efek Samping Mengkonsumsi Teh Berlebihan

Semua orang pasti sudah tahu apa itu teh. Teh disukai sebagian besar orang di seluruh penjuru dunia. Tak kenal tua atau muda, kaya atau miskin, pria atau wanita, anak – anak atau orang dewasa minuman teh ini tak ada larangan untuk dikonsumsi. Begitu pula di Indonesia, minuman teh sudah menjadi tradisi warisan nenek moyang. Teh memiliki kandungan kafein, namun yang tertinggi adalah zat katekin, flavonoid dan polifenol yang berperan sebagi antioksidan.


Minuman teh sudah sejak lama menemani hari  -hari kita yang begitu sangat sibuk. Baik di rumah, jajanan pinggir jalan, sekolah, tempat kita bekerja, warung makan, cafe, restoran dan masih banyak lagi teh ini dapat kita temukan dengan mudah, dengan harga, rasa dan sajian yang berfariatif. Mulai dari yang murah, dengan rasa dan sajian yang biasa saja, sampai yang harga nya relatif mahal dengan varian rasa dan kemasan sajian yang istimewa.


Selain rasa dan wangi nya yang has, teh ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita bahkan teh bisa dijadikan sebagai obat. Namun tahukah anda, teh ini bisa pula menjadi bumerang bila dikonsumsi berlebihan. Memang semua yang dikonsumsi terlalu berlebihan akan selalu menimbulkan dampak negatif, begitu pula dengan minuman yang satu ini. Sudah banyak studi yang membuktikan dampak negatif dari minum teh berlebihan. Semua itu dikarenakan kandungan zat flouride, tanin dan juga kafein yang terkandung didalam daun teh.

Bahaya Bagi Tubuh Jika Konsumsi Teh Secara Berlebihan

Efek samping dari mengkonsumsi teh secara berlebihan mungkin tidak terlalu banyak digembar gemborkan, alhasil tak banyak orang yang tahu akan efek samping nya. Kali ini admin akan memberikan pengetahuan tentang bahaya dan efek samping mengkonsumsi teh berlebihan setiap hari. Resiko mpenyakit yang timbul mungkin tidak akan terasa secara spontan, karena efek samping minum teh yang berlebihan ini dampak nya bersifat jangka waktu lama.

 

Tapi sakit yang diderita akan terasa beberapa tahun yang akan datang, semoga dengan membaca artikel ini anda lebih waspada dan lebih teratur dalam menikmati minuman teh yang kita sukai ini. Admin tidak bermaksud menakut – nakuti atau melarang minum teh, namun hanya mengingatkan dan memberi pengetahuan tentang dampak negatifnya di kemudian hari, agar kita bisa lebih teratur dalam mengkonsumsi teh ini dan kesehatan kita tetap terjaga.bahaya minum teh

Efek Samping Akibat Mengkonsumsi Teh Secara Berlebih

  1. Tubuh kurus – Nutrisi, gizi dan zat besi dari makanan yang kita makan tidak akan bisa diserap sepenuhnya oleh tubuh, hal ini dikarenakan didalam daun teh terdapat zat tanin yang berperan sebagai penunda penyerapan zat besi dari makanan. Maka dari itu, meminum teh sebelum atau sesudah makan ternyata tidak terlalu baik, walau pun saya sendiri mengakui hal itu sangat saya sukai dan sdah biasa saya lakukan. Tunggulah minimal 2 jam setelah kita selesai makan, baru kita nikmati teh hangat sebagai minuman penutupnya.

  2. Gigi tampak kusam dan keropos – Teh memiliki warna yang has, yaitu merah kecoklatan. bisa kita bayangkan, teh yang kita konsumsi secara berlebihan dalam setiap harinya nempel pada gigi. Dampak ini akan terlihat dengan jelas dan kita tidak bisa menyalahkan siapa pun apabila gigi terlihat kusam atau tidak putih sempurna. Selain mengurangi rasa percaya diri kita, kondisi ini membuat kita tidak nyaman jika kita menyadarinya. Namun tenang, hal ini bisa diatasi dengan beberapa macam merek pasta gigi husus untuk gigi kusam. Tapi efek samping mengkonsumsi teh berlebihan pada gigi tak hanya itu, teh juga bisa membuat gigi kita mudah keropos. Jika suatu hari nanti anda mengalami gigi keropos, maka salah satu penyebab yang harus anda sadari adalah mungkin anda terlalu sering mengkonsumsi teh setiap harinya.
  3. Menimbulkan sakit pada tulang dan persendian – Hal ini sudah banyak dibukikan oleh banyak studi penelitian, logika nya adalah teh yang kita konsumsi setiap hari dengan jumlah yang berlebihan, dapat menjadi plek dan menempel pada tulang atau pada persendian kita. Akibat yang dirasakan adalah rasa sakit yang tak tertahankan pada tulang persendian kita. Mengkonsumsi teh secara berlebihan juga dapat memicu proses osteoporosis, atau pengeroposan pada tulang. Sebelum hal itu terjadi, maka mulai lah dari sekarang kita mengatur dan hendaknya menjadwalkan waktu untuk menikmati teh baik sendiri, bersama teman atau pun bersama keluarga tercinta.
  4. Memicu sakit maag – Bagi anda yang memiliki riwayat sakit maag, tentunya anda sudah tahu bahwa anda harus lebih memperhatikan asam lambung anda. Meminum teh saat perut kosong akan memicu sakit maag kambuh. Meminum teh berlebihan juga beresiko pada anda yang tidak mempunyai masalah asam lambung, namun dalam jangka waktu lama. Karena teh dapat meningkatkan produksi asam lambung pada lambung anda. Tapi tidak akan terjadi jika anda menikmati teh ini secara teratur.
  5. Memicu tumbuhnya sel kanker – Sel kanker dalam tubuh banyak macamnya dan banyak pula faktor penyebab tumbuhnya. Sel kanker tidak akan tumbuh pada orang yang memiliki pola hidup sehat, asupan makanan yang bergizi dan rajin berolahraga. Namun jika anda adalah seseorang yang sering atau senang mengkonsumsi teh celup, maka hati – hatilah dengan zat klorin yang terdapat bpada kertas pembungkus teh kemasan celup, jika terlalu banyak yang larut dan dikonsumsi terus menerus, maka resiko tumbuhnya sel kanker semakin besar. Jangan biarkan kertas pembungkus teh tersebut terlalu lama dalam gelas, admin saranka, minimal 1 menit saja, jangan ambil resiko.
Mengkonsumsi segalah sesuatu yang berlebihan itu tidak baik baik bagi tubuh kita, karena setiap orang memiliki takaran porsi masing-masing dalam menampung nutrisi didalam tubuh mereka. Oleh karena itu pastikan tubuh kalian semua tidak mengkonsumsi makanan ataupun minuman secara berlebih agar tetap sehat dalam menjalankan aktivitas.