Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat BAYAM, Tanaman Abadi Untuk Kesehatan

Saya rasa tidak terlalu berlebihan menyebut tanaman bayam dengan sebutan tanaman abadi. Alasannya, karena bayam yang mempunyai nama latin Amaranthus spp. Kata “amaranth” sendiri berasal dari bahasa Yunani dengan arti dalam bahasa inggris untuk amaranth adalah everlasting, jika kita terjemahkan ke bahasa Indonesia untuk kata everlasting ini artinya kekal (abadi). 

Alasan lain mengapa tanaman bayam ini disebut tanaman abadi adalah hasiat dan manfaat nya untuk kesehatan tubuh tak akan pernah hilang ditelan zaman. Dari dulu hingga sekarang, bahkan mungkin untuk ke waktu yang akan datang ( lama dari sekarang ), Kandungan yang dimiliki oleh tanaman bayam tidak akan pernah berkurang, baik itu nutrisinya, vitaminnya, mineralnya, zat besinya dan lain sebagainya. Sampai kapanpun, tanaman bayam ini akan terus bermanfaat untuk kesehatan, apalagi jika dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Bukan hanya imajinasi belaka, karena memang hasiat daun bayam sangat baik untuk kesehatan dan yang paling utama adalah sebagai sumber tenaga dan pembangkit stamina. Hal itu dikarenakan bayam kaya akan zat besi, vitamin A, vitamin, B, vitamin C, kalium, kalsium, magnesium, asam folat, sumber protein dan nutrisi yang tinggi. Sehingga akan sangat baik bila kita konsumsi setiap hari apalagi bila dikonsumsi oleh anak – anak yang masih dalam proses pertumbuhan. 

Sudah sejak dulu, tanaman bayam ini dimanfaatkan untuk dijadikan sayur yang disajikan untuk kita makan. Seiring berkembang nya zaman, juga pengetahuan tentang manfaat dan hasiat dari tanaman abadi ini, kini sudah banyak cara penyajian tanaman bayam ini. Bisa dibuat jus, mie berbahan bayam, bolu bayam, keripik bayam, nugget bayam. Hal ini dimaksudkan agar orang – orang lebih suka memakan bayam dengan parian rasa yang menggoda.  Namun hasiat yang seluruhnya akan kita dapatkan yaitu dengan cara disayur bening atau dijadikan lalaban.

7 Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Yang Jarang diketahui Orang

1. Untuk Meningkatkan Stamina (Pembangkit Tenaga)

Bayam sangat kaya akan zat besi, vitamin dan protein. Manfaat bayam yang satu ini digembor – gemborkan dalam film kartun popey si pelaut. Jika anda adalah seorang pekerja keras, dalam artian aktifitas anda sehari – harinya sangat padat, maka cobalah untuk memulai memasukan bayam dalam daftar menu makan anda. Baik saat sarapan, makan siang ataupun makan malam.

2. Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Masa tumbuh kembang anak adalah masa yang sangat harus diperhatikan oleh orang tua. Dukunglah pertumbuhan anak kita dengan sering memberikan resep makan dengan memanfaatkan tanamana bayam ini karena selain sebagai sumber zat besi, bayam juga banyak mengandung vitamin, mineral, protein, kalsium dan masih banyak lagi yang semuanya itu sangat dibutuhkan oleh tubuh anak untuk membantu tumbuh kembangnya dan juga untuk menigkatkan daya tahan tubuhnya. Jika anak kita tidak suka memakan sayur, tanaman bayam ini bisa disajikan dalam bentuk jus bayam yang menyegarkan, bolu bayam, mie bayam, nugget bayam dan masih banyak sajian lainnya. Intinya supaya anak mau memakan bayam.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah alat indra yang sangat mendukung pada aktifitas kita sehari – hari. Karena itu, hendaknya kita menjaga kesehatan mata. Salah satunya dengan banyak mengkonsumsi vitamin A. Wortel adalah salah satu penyumbang vitamin A terbaik untuk mata, namun kebanyakan dari kita merasa enggan mengkonsumsinya. Tahukah anda…? Ternyata bayam pun tak kalah oleh wortel dalam hal menyumbang vitamin A. Maka konsumsilah tanaman bayam ini sesering mungkin, Agar mata kita selalu sehat dan berfungsi sangat baik.

4. Meningkatkan Daya Berfikir dan Daya Tangkap Otak

Kandungan nutrisi yang dimilik bayam adalah salah satu alasan mengapa bayam sering disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Salah satu manfaat dari bayam yaitu mampu meningkatkan daya ingat, daya berfikir dan daya tangkap otak. Bayam tak hanya baik untuk anak yang masih usia sekolah, namun baik juga untuk orang dewasa agar tidak cepat menjadi pelupa.

5. Membantu Pembentukan Otot

Mungkin anda pernah melihat bentuk tubuh dari seorang binaragawan, Tubuhnya nya yang kekar dan ototnya yang sangat kuat dan berbentuk itu akan membuat para wanita terpesona. Tahukah anda, seorang binaragawan ternyata mencatat bayam sebagai salah satu makanan pokok untuk dikonsumsinya setiap hari selain olahraga dan latihan yang teratur. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang dimiliki bayam sangat baik dalam pembentukan otot.

6. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adahlah pengeroposan pada tulang, umumnya diderita oleh orang yang sudah atau sedang menuju usia lanjut. Namun tak sedikit orang yang tergolong masih muda mengalami keadaan ini, hal itu bisa disebabkan makanan yang tidak bergizi, pola hidup yang tak sehat, atau pekerja berat yang menggunakan perat punggung untuk aktifitas kerjanya. Bayam sangat baik untuk memelihara kesehatan tulang, karena bayam memiliki vitamin K yang tinggi serta kalsium dan fosfor yang berperan untuk menjaga kesehatan tulang.

7. Menyetabilkan Sistem Pencernaan

Asupan makanan yang baik akan baik pula pada sistem pencernaan, namun apabila asupan makanan tidak sehat, saluran pencernaan akan terganggu, atau proses pencernaan tidak akan lancar, akibat yang dialami salah satunya rasa nyeri di lambung dan di usus juga susah buang air besar. Bayam yang tinggi akan serat dan vitamin C dapat membantu anda melancarkan proses pencernaan. Rutin lah mengkonsumsi bayam setiap hari, baik disajikan dalam bentuk sayur, dibuat jus atau dijadikan lalaban dsb.