Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Daun KATUK Untuk Kesehatan dan Penyubur ASI

Ketika mendengar nama katuk, yang ada dipiran anda mungkin adalah semangkuk sayur yang siap disantap menemani menu makan anda hari ini. Daun katuk memiliki nama ilmiah Saurofus Androgynus. Pemanfaatan daun katuk untuk dijadikan sayur dan menu makan harian anda ternyata sudah lama dilakukan oleh nenek moyang kita.

 

Hasiat dan manfaat daun katuk telah banyak dibuktikan oleh kaum perempuan yang sedang hamil atau sedang menyusui. zat – zat yang dimiliki daun katuk, sangat diperlukan oleh tubuh, terutama untuk Ibu hamil dan menyusui tersebut. Hal itu didapatkan dari kandungan zat – zat penting yang terkandung dalam daun katuk.manfaat daun katuk

 

Daun katuk memiliki kandungan vitamin komplit, yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin K, protein, serat kasar, kalsium, besi, kalium, fosfor dan magnesium. Warna hijau tua yang pekat merupakan tanda bahwa daun katuk memiliki kandungan kllorofil yang sangat banyak.

 

Pada artikel kali ini akan mencoba memaparkan 18 manfaat daun KATUK untuk kesehatan selain untuk kesehatan Ibu hamil dan menyusui. Daun yang sudah sejak dari zaman nenek moyang kita diolah sebagai sayur, ternyata mengandung banayak manfaat untuk kesehatan kita.


10 Manfaat Daun Katuk Bagi Ibu Menyusui dan Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan kualitas dan jumlah ASI

Seperti yang sudah kita tahu, kesehatan sang bua hati sang buah hati harus dijaga sejak masih dalam kandungan. Makanan yang Ibu konsumsi sangat berpengaruh terhadap kesehatan kandungan dan sang buah hati didalamnya. Buah hati yang yang sudah lahir dengan selamatdan sempurna merupakan salah satu anugerah yang tak ternilai harganya.

 

Karena kandungan nutrisi vitamin dan mineral dalam ASI sangat sempurna dan dibutuhkan oleh sang buah hati. Namun masalah ASI terkadang dialami oleh beberapa orang diantara kita. ASi yang tidak lancar menyebabkan kepanikan dan rasa kecewa dari sang Ibu. Namun tahukah anda bahwa ternyata daun katuk mampu menjawab semua masalah pada ASI. Daun katuk mampu meningkatkan jumlah dan kualitas dari ASI sehingga peluang bayi mendapatkan asupan ASI sangat besar. ASi yang diberikan kepada bayi dapat membuat bayi terjaga kesehatannya, pertumbuhannya lebih cepat dan terhindar deri berbagai penyakit.

 

2. Meningkatkan Kesuburan Pria

Manfaat yang satu ini mungkin belum banyak diketahui oleh sebagian besar orang diatara kita. Katuk mengandung zat aktif yang dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria. Karena katuk mampu merangsang dan meningkatkan sintesis hormon steroid misalnya hormon progesteron dan testosteron yang mampu meningkatkan stamina, kualitas dan jumlah sperma. Sehingga kaum pria yang rutin mengkonsumsi daun katuk terhindar dari masalah kesuburan dan kemandulan. Apalagi pria tersebut rajin berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat.

 

3. Mencegah Osteoporosis

Osteoporis adalah pengeroposan tulang yang disebabkan oleh kurangnya kalsium dalam tubuh. Daun katuk mempunyai banyak kalsium yang apabila dikonsumsi secara rutin akan menurunkan resiko osteoporis. Osteoporosis biasanya terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut, namun tak jarang terjadi pada orang yang masih muda. Rajin mengkonsumsi sumber kalsium sejak masih muda merupakan salah satu langkah untuk mencegah terjadinya pengeroposan dan pengapuran tulang yang bisa saja terjadi pada usia sudah menjelang tua. manfaat daun katuk

 

4. Menjaga Kesehatan Mata

Betakaroten dalam vitamin A banyak dimiliki daun katuk. Vitamin A sangat besar hasiatnya untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya masalah pada mata seperti rabun, katarak dan resiko kebutaan. Vitamin A dalam daun katuk dipercaya mampu menjaga kesehatan mata seperti halnya manfaat wortel untuk kesehatan mata.

 

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi terjadi karena beberapa faktor, semua faktor itu berhubungan dengan darah seperti aliran darah, zat yang terkandung dalam darah dsb. Darah yang tak lancar mengalir ke jantung disebabkan adanya virus atau bakteri yang larut bersama darah. Virus dan bakteri tersebut menyebabkan arteri saluran darah mengalami pembengkakan bahkan peradangan yang kemudian akan menghalangi lancarnya aliran darah ke jantung. Pada saat yang sama, jantung berdetak dengan cepat, menyebabkan tekanan darah meningkat guna mengimbanginya. Keadaan ini disebut dengan tekanan darah tinggi.

 

6. Membantu Mengobati Influenza

Influenza terjadi karena adanya virus yang terhisap oleh saluran pernapasan. Daun katuk memiliki banyak vitamin yang kesemuanya itu bersifat anti oksidan, dimana yang kita tahu bahwa anti oksidan mampu menangkal radikal bebas dan membunuh virus da bakteri dalam tubuh.

 

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh pada kesehatan kita. Tubuh memerlukan asupan makanan yang bergizi, tinggi serat, kaya akan vitamin, mineral dan zat besi. Daun katuk menyumbangkan zat – zat yang sangat dibutuhkan tubuh tersebut sama halnya dengan manfaat daun bayam untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

8. Mengobati Borok dan Penyakit Kulit Lainnya 

Borok merupakan penyakit kulit yang bisa membuat penderitanya minder selain dari rasa sakit yang tentunya dia rasakan. Daun katuk diperkaya dengan zat – zat yang mampu membantu mengobati kulit yang terluka. salah satunya adalah penyakit borok ini. zat – zat yang terkandung dalam daun katuk bersifat anti inflamasi yang mampu memperkecil resiko terjadinya peradangan pada luka penyebab luka itu sulit untuk sembuh.

 

9. Melancarkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan memang harus selalu tetap dijaga, faktor makanan yang kita konsumsi adalah salah satu penyebab terjadinya masalah pada sistem pencernaan. Daun katuk yang memiliki banyak serat mampu menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem pencernaan. Susah BAB, perut sembelit atau diare merupakan masalah sistem pencernaan yang kerap terjadi pada orang yang tidak memperhatikan pola makannya. manfaat daun katuk

 

10. Mengobati Demam Tinggi

Demam tinggi disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kekurangan vitamin C, menyebabkan daya tahan tubuh berkurang dan tubuh menjadi rentan terkena penyakit. Namun jika demam sudah terlanjur singgap di tubuh kita, langkah yang harus dilakukan adalah mengobatinya dengan segera berobat ke dokter atau dengan meminum ramuan herbal tertentu untuk mengobati demam tinggi. Daun katuk dengan sejuta hasiat nya mampu mengobati demam tinggi, hasiatnya hampir sama dengan manfaat buah pepaya untuk mengobati sariawan.


Itulah 10 manfaat dari daun Katuk yang jarang orang ketahui manfaatnya, baik itu dari segi kesehatan dan juga sebagai penyubur ASI bagi seorang ibu yang sedang menyusui bayinya. Buat kalian yang barangkali memiliki tumbuhan Katuk tersebut, kalian bisa mencoba 10 tips diatas dan rasakan khasiatnya.