Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Daun Seledri atau Sadri kalo di bahasa saya ( Sunda ) – Celery Apium Gravoelens, Linn. Mungkin nama itu terlalu asing untuk kita, karena itu adalah sebuah nama latin untuk tanaman yang memiliki segudang hasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Lalu apa Celery Apium Gravoelens, Linn. ini..? Apakah sulit mendapatkannya..? Dia adalah SELEDRI. Mungkin kalo mendengar nama seledri, barulah kita sadar ternyata tanaman segudang manfaat itu sudah lama menemani kita. Seledri selalu hadir disetiap masakan sop ibu atau istri anda, bahkan anda para pria penikmat bakso, pasti seledri hadir dikuahnya sebagai penyedap dengan aromanya yang has.

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, daun seledri bisa dimanfaatkan sebagai sayuran, hal itu dinyatakan oleh para ahli botani pada masa itu sekitar tahun 1640-an. Pada tahun 1942, seledri baru diakui sebagai tumbuhan berhasiat obat secara ilmiah.

Seledri diyakini mengandung vitamin A, B1, B2, B6 dan vitamin C. Seledri juga mengandung provitamin A (karatenoid), vitamin B dan vitamin C, mineral kalsium, fosfor, sodium, klor, potasium/kalium, magnesium, asparagine apigenin, kholin, saporin, minyak atsiri, senyawa sedatif (phathalide) dan serat yang membuat tanaman ini sebagai tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Manfaat Seledri Untuk Kesehatan dan Pengobatan Herbal

1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh. Ginjal bekerja terus menerus menyaring darah agar tidak ada racun, bakteri, virus atau zat – zat berbahaya lainnya. Siapa sangka, seledri yang kita konsumsi ternyata bisa membantu menyehatkan ginjal agar ginjal berfungsi secara optimal. Bagi anda yang difonis gagal ginjal pun, seledri bisa digunakan sebagai obat herbal. Yaitu sebagai pencuci darah yang alami dan murah. Caranya yaitu dengan meminum jus seledri atau dengan meminum godogan (rebusan) seledri secara rutin setiap hari. Satu ikat seledri direbus dengan 3 gelas air, didihkan sampai air tersisa segelas saja. Saring dan dinginkan rebusan tadi, lalu minum secara rutin 3 kali sehari.

2. Mengobati Penyakit Rematik

Rematik adalah penyakit yang menyerang persendian seperti pinggang, sikut, lutut, pergelangan tangan dan kaki, ruas jari tangan dan kaki. Rematik disebabkan kadar asam urat yang tinggi yang menumpuk di sendi, menyebabkan persendian terasa nyeri dan aktifitas terganggu. Anda mungkin sudah mengobati rematik ini dengan terapi atau minum obat herbal instan yang sudah ada dipasaran. Namun cobalah anda konsumsi seledri lebih banyak. bisa menjadikan nya sebagai lalaban untuk makan, bisa juga dengan meminum jus seledri atau meminum air rebusan seledri.

3. Mengobati Penyakit Anemia Atau Kurang Darah

Anemia adalah suatu penyakit dimana tubuh kita kekurangan darah merah yang menyebabkan 5 L, lemah, letih, lesu, lelah, lunglai. Anemia juga menyebabkan penderita sakit kepala atau pusing yang sangat menyiksa. Dipasaran pun sudah banayak obat – obatan medis untuk anemia, namun seledri juga bisa mengobati anemia secara alami dan tanpa efek samping.

Caranya adalah dengan rutin mengkonsumsi seledri, baik itu dibuat jus, atau dibuat ramuan rebusan seledri. Minum lah jus atau rebusan seledri 2 kali sehari sampai sakit yang dirasa hilang.

4. Mengobati Hipertensi atau Darah Tinggi

Hipertensi adalah penyakit yang disebabkan meningkatnya tekanan darah dalam tubuh. Jika dibiarkan, penyakit ini bisa menjalar dan menimbulkan penyakit berbahaya yang bisa menimbulkan kematian. Seledri dengan kekayaan zat – zat yang baik untuk kesehatan tubuh ini adalah salah satu tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah.

Caranya yaitu dengan meminum jus seledri atau dengan meminum godogan (rebusan) seledri secara rutin setiap hari. Satu ikat seledri direbus dengan 3 gelas air, didihkan sampai air tersisa segelas saja. Saring dan dinginkan rebusan tadi, lalu minum secara rutin 3 kali sehari.

5. Menyehatkan Mata

Mungkin anda pernah atau sering mengalami mata terasa gatal atau perih. Hal itu bisa disebabkan debu pembawa bakteri yang menyebabkan iritasi pada mata. Mata juga menjadi sensitif, disebabkan mata kering. Daun seledri yang kaya akan nutrisi dan vitamin ini bisa membantu menyehatkan mata anda dan mengobati masalah mata kering.

Caranya mudah, yaitu dengan menumbuk daun dan tangkai seledri, ditambah dengan daun bayam dan daun kelor. Bersihkan semua daun dari kotoran dan bakteri. Tumbuk sampai halus, tambahkan sedikit garam dan sedikit air kemudian peras lalu minum air campuran seledri, bayam dan kelor tersebut secara rutin 3 kali sehari.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kenaikan kadara kolesterol disebabkan oleh asupan makanan yang tinggi lemak, biasanya berasal dari makanan bersifat hewani. Jika tidak dikontrol dan ditekan, lemak dalam tubuh bisa menjadi gumpalan dan menyebabkan aliran darah terganggu sehingga memungkinkan timbulnya penyakit yang lebih berbahaya. Sebelum terjadi hal – hal yang tidak kita inginkan, ada baiknya anda memanfaatkan daun seledri untuk membantu menurunkan kadar kolesterol anda. Selain rendah kalori, seledri juga mengandung zat antioksidan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Minumlah jus seledri rutin 3 kali setiap hari. Atau dengan cara meminum godogan (rebusan) seledri secara rutin setiap hari. Satu ikat seledri direbus dengan 3 gelas air, didihkan sampai air tersisa segelas saja. Saring dan dinginkan rebusan tadi, lalu minum secara rutin 3 kali sehari.

7. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Pada dasarnya setiap manusia memiliki sel kanker, namun kekebalan tubuh seseorang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker tersebut. Seledri sangat kaya akan antioksidan seperti zea xanthin, lutein dan betakaroten sangat baik untuk kesehatan tubuh sebagai upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah sel kanker.

Caranya yaitu dengan meminum jus seledri atau dengan meminum rebusan seledri secara rutin setiap hari. Satu ikat seledri direbus dengan 3 gelas air, didihkan sampai air tersisa segelas saja. Saring dan dinginkan rebusan tadi, lalu minum secara rutin 2 kali sehari. Dikonsumsi setiap hari pun, seledri tidak akan menimbulkan efek samping, karena selain alami, seledri ini juga termasuk tanaman herbal yang baik untuk tubuh.