Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sirih, hmm….. mungkin nama itu sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Bagaimana tidak, sirih merupakan tanaman yang bisa dikatakan warisan leluhur kita beserta hasiat – hasiat yang dimiliknya. Nenek moyang kita memanfaatkan daun sirih untuk menjaga kesehatan gigi, gusi dan juga mulut, yaitu dengan mengunyah daun sirih beserta kapur, tembakau,  pinang, kapulaga dan gambir. 

Sirih dimanfaatkan sebagai tanaman obat sudah sejak lama, sirih juga berperan dalam kehidupan sehari – hari dan berbagai upacara adat rumpun melayu. Sirih merupakan tanaman khas Kepulauan Riau. Jadi bisa dikatakan bahwa sirih adalah tanaman asli Indonesia, sirih sering kita temui tumbuh subur merambat pada pohon lain atau tak sedikit kita melihat sirih tumbuh di pagar atau tembok di depan rumah. Selain hasiat nya yang melimpah, sirih juga memilikisisi pandang yang indah. Maka tak heran banyak orang yang menanam sirih ini dengan berbagai bentuk yang indah, Biasanya mereka membuat tiang atau pagar di tengah pekarangan ada juga yang membentuk nya dengan menggunakan kawat.
 
Tanaman sirih ini memiliki 3 macam, yaitu sirih hijau, sirih merah, sirih hitam. Semua jenis sirih ini memiliki kandungan yang semuanya sama – sama bermanfaat. Adapun kandungan yang dimilik sirih adalah minyak atsiri yang mengandung minyak terbang (betlephenol), zat samak, pati, diatase, seskuiterpen dan kavikol yang mempunyai kemampuan membunuh kuman, antioksidasi dan fungisida serta anti jamur. Namun yang akan kita bahas kali ini yaitu yang paling dominan dimanfaatkan, yakni sirih hijau walaaupun sebenarnya sirih merah atau pun hitam memiliki manfaaat yang sama dengan sirih hijau.

Baiklah kita kesampingkan dulu warna atau jenis – jenis sirih ini, karena yang akan kita bahas adalah Manfaat daun sirih untuk kesehatan dan obat tradisional :

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan / Pengobatan Penyakit

1. Menjaga Sesehatan Gigi

Kandungan yang dimiliki sirih sangat bermanfaat untuk kesehatan, terutama kesehatan gigi. Kita ingat lagi tradisi menyirih nenek moyang kita. Entah sejak kapan dan siapa yang memulainya tradisi nyirih ini, namun yang jelas, mereka yang rutin menyirih sangat jarang atau bahkan tak pernah sakit gigi. Caranya dengan merebus 5-7 helai daun sirih dengan 2 gelas, didihkan sampai air menjadi segelas. Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur. atau dengan menumbuk selembar daun sirih sampai halus, kemudian bungkus dengan ukuran kecil menggunakan kapas atau tisu. Kemudian masukan kedalam gigi berlubang dan hisap hisap.

2. Menyehatkan Gusi

Tujuan dari kebiasaan menyirih tadi slah satu nya adalah untuk menyehatkan gusi.Gusi bengkak biasanya terjadi karenaadanya kuman yang bersarang, yang kemduia kuman – kuman tersebut berkembang biak daalam gusi. Manfaatkanlah hasiat rebusan daun sirih untuk berkumur sebagai obat pembunuh kuman.

3. Mengobati Bau Mulut

Bau mulut tentunya sangat tidak nyaman, apalagi anda seorang yang dalam setiap harinya berinteraksi langsung dengan orang lain. Bau mulut yang terjadi, juga kadang membuat kita tidak percaya diri, karena takut oang yang menjadi lawan bicara tidak nyaman atau juga illfeel.

4. Mengobati Penyakit Asma

Penyakit asama atau sesak nafas, ternyata juga bisa diobati dengan memanfaatkan daun sirih ini. Caranya yaitu dengan merebus 5-7 helai daun sirih dengan air segelas, didihkan sampai air tersisan setengahnya. Minum secara rutin dua kali setiap hari selama kurang lebih seminggu sampai asma yang diderita sembuh.

5. Mengobati Iritasi Pada Mata (Mata Merah dan Bengkak)

Mata merupakan alat indra yang sangat berharga, kesehatan mata hendak nya dijaga dan diperhatikan. Namun aktifitas kita terkadang yang menjadi faktor masalah pada mata, misalnya anda seorang pengendara motor, sering kali debu dijalan masuk ke mata, menyebabkan mata perih, gatal dan memerah. Atau anda seorang ahli las, cahaya nya yang sangat terang atau percikan nya bisa menyebabkan mata bengkak. 
Apapun faktor penyebabnya, masalah atau sakit pada mata harus secepat mungkin diatasi. Ada baiknya anda manggunakan bahan alami untuk mengobatinya. Salah satunya dengan memanfaatkan hasiat daun sirih. Caranya yaitu dengan meneteskan air rebusan daun sirih pada mata. Anda juga bisa mengompreskan nya menggunakan kain halus.

6. Mengobati Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan biasanya dikarenakan faktor makanan yang kita konsumsi. Terlalu banyak minyak atau panas bisa menyebabkan radang tenggorokan. Keadaan ini tentu sangat membuat anda tidak nyaman. Kandungan yang dimiliki daun sirih dapat membersihkan  kuman penyebab iritasii pada tenggorojkan. Anda bisa meminum air renusan daun sirih atau dipakai untuk berkumur, namun pstikan air rebusan daun sirih tadi sampai pada pangkal tenggorokan.

7. Bermanfaat Bagi Wanita

Rebusan daun sirih seperti metode spa, supaya miss V anda menjadi wangi dan kencang.

8. Mengobati Batuk

Batuk memang sering datang menyerang tubuh kita, baik itu batuk kering atau berdahak pastinya membuat kita tidak nyaman. Daun sirih merupakan alternatif alami untuk mengobati batuk. Caranya dengan merebus segengga,m daun sirih, dicampur dengan sedikit potongan jahe agar memberi rasa hangat pade tenggorokan. rebus dengan 2 gelas air, didihkan sampai air menyusut dan menjadi segelas. Saring dan dinginkan air rebusan tadi dan minum setelah air hangat dua kali sehari.

9. Mengobati Sariawan

Sariawan bisa disebabakan kurangnya cairan didalam tubuh, menyebabakan kuman atau bakteri mudah berkembang menjadi kuat pada tubuh kita. Sariawan  yang ditandai mulut kering dan terkadang menyulitkan kita saat kita mau makan karena selera makan akan berkurang. Minumlah air rebusan daun sirih rutin setiap hari. Anda juga bisa mengobati sariawan ini dengan menempelkan daun yang sudah dilayukan atau juga ditumbuk halus kemudian dilumatkan pada area yang sakit.

10. Mengobati Jerawat

Jerawat teradi karena tubuh kelebihan darah kotor, hingga munculah yang namanya jerawat. Jerawat akan jadi masalah jika ukurannya membesar, selain rasa sakit yang diderita, jerawat juga terkadang menurunkan gengsi kita, sehingga kepercayaan diri berkurang. Daun sirih ternyata mampu mengobati jerawat dari luar dan dalam. Untuk pengobatan dari dalam, rebusan daun sirih dapat membersihkan daun sirih dari bakteri penyebab jerawat itu muncul. Sedangkan untuk pengobatn luarnya, anda bisa membuat tumbukan daun sirih sampai halus, kemudian lumatkan pada wajah yang berjerawat secara rutin setiap hari.