Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Mitos dan Manfaat Daun Kelor Bagi Manusia

Merunggai (Moringa oleifera) ialah sejenis tumbuhan yang berasal dari suku Moringaceae, memiliki ketinggian pohon di atas 711 meter, ‘Dunia tak selebar daun kelor’ Istilah ini sudah tak asing terdengar ngiang di telinga kita, peribahasa tersebut menggambarkan bahwa dunia itu tidak sempit. Logika nya berarti daun kelor memiliki luas yang sangat besar layaknya dunia ini, Namun ternyata kenyataannya daun kelor sendiri memiliki ukuran yang sangat kecil dengan warna daun Hijau pekat serta memiliki banyak daun dalam 1 tangkai. dengan demikian bahwa peribahasa tersebut tidak sejalan dengan logika manusia.

Di balik cerita mistis daun kelor tersebut Sebuah perusahaan asal spanyol dan tiongkok malah mengimpor tanaman ini dari indonesia tepatnya dari daerah NTT. Bahkan tidak hanya daunnya saja buah dan kembangnya ikut di ekspor saat ini ke berbagai negara antara lain yang sudah di sebutkan tadi dan Jerman, Hingga kini NTT menjadi daerah pengekspor Tanaman Kelor ini. 

Mengapa negara-negara tersebut mengimpor ??? Ternyata negara tersebut mengimpor tanaman daun kelor bukan karena kepercayaan mistis yang terdapat pada daun kelor, namun banyak fungsi Obat yang mereka manfaatkan sehingga negara tersebut membeli daun kelor dari negara kita Indonesia. Hasil penelitian perusahaan kesehatan terkemuka ternyata inilah manfaat daun kelor untuk obat dan kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh Manusia, yang Jarang Orang Ketahui

1. Membantu menyehatkan Kulit

Begitu besar kandungan vitamin C dan aktioksidan yang terdapat pada daun kelor, daun yang memiliki kepercayaan mistis ini, dapat di jadikan sebagai sayur layaknya daun kangkung dan bayam. Mengkonsumsi daun kelor secara rutin dapat mencegah timbulnya jerawat dan mampu menghaluskan kulit bagi yang mengkonsumsinya, daun kelor juga dapat di racik dengan cara di tumbuk dan di balurkan ke bagian permukaaan kulit sebagai pengganti masker ala tradisional.


2. Obat Diabetes

Penyakit yang di karenakan kelebihan nya kadar gula dalam darah, ternyata dapat di sembuhkan dengan cara mengkonsumsi daun kelor secara rutin, kandungan insulin pada daun kelor mampu menetralisir kadar gula penderita diabetes. kita bisa dengan sangat mudah mengobati diabetes dengan cara memanfaatkan daun kelor sebagai sayur makanan sehari-hari, sehingga ketika mengkonsumsi daun ini kita tidak pernah merasa sedang berobat, melainkan menjalankan aktifitas sehari-hari yakni makan.


3. Menyehatkan Mata

Layaknya wortel kandungan vitamin A juga terdapat pada daun kelor, sebagai man sudah kita ketahui bersama bahwa khasiat serta manfaat pokok Vitamin A ialah untuk mata, sehingga mata kita akan menjadi sehat di kala mengkonsumsi daun kelor ini. Adapun cara memanfaatkan kandungan vitamin A pada daun kelor untuk mata, bisa dengan mengkonsumsi langsung daun tersebut, atau di rebus kemudian di ambil air rebusan daun kelor tersebut untuk di tetes ke bagian mata.


4. Mencegah Penyakit Kanker

Bagi sebagian orang bahkan hampir semua lapisan penyakit kanker merupakan penyakit ganas mematikan dan di ketahui sampai saat ini belum ada Obatnya, Namun perlu kita ketahui bahwa penyakit kanker rata-rata menyerang orang-orang yang memiliki kekurangan zat Potasium. Zat potasium inilah yang mampu mencegah timbulnya penyakit kanker bagi orang yang banyak menkonsumsi daun kelor.

5. Obat Rematik

Rematik merupakan penyakit yang di sebabkan oleh tidak mengalirnya darah dengan normal pada tubuh yang di sebabkan oleh adanya zat-zat penghalang pada nadi-nadi urat, atau di sebut asam urat. Asam urat ialah sejenis penyakit yang terbentuk akibat adanya zat-zat kristal pada jaringan pembuluh darah seperti pasir dan menghambat aliran darah tubuh sehingga menimbulkan penyakit rematik, penderita rematik sendiri biasanya merasakan rasa ngilu dan sakit, dengan mengkonsumsi daun kelor penyakit rematik dapat di sembuhkan karena mampu memperlancara aliran darah tubuh kita.


6. Mengobati Alergi

Daun kelor juga bisa di jadikan obat alergi cara menggunakannya ialah dengan mencampur daun kelor dengan 2 siung daun bawang merah, caranya –> ambilah 3 daun kelor, tambahkan 2 siung bawang merah tadi kemudian di rebus dengan air 3 gelas, rebus hingga mendidih. Air hasil rebusan inilah yang nanti akan kita balurkan pada bagian yang gatal.


7. Menyehatkan Rambut

Rambut yang di usap oleh daun kelor akan menjadi lebih hitam mengkilau dan tebal, cara menggunakan daun kelor untuk memberikan efect baik pada rambut cukup mudah, kita tinggal menumbuk daun kelor secukupnya kemudian di usapkan pada bagian rambut.


8. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Seduhan daun kelor mampu memberikan efect baik bagi kelancaran metabolisme, Fungsi daun kelor mampu memberikan efect baik terhadap ginjal dan fungsi hati.

9. Kandungan Nutrisi Yang Banyak

Selain kandungan vitamin A dan C ternyata Daun, biji, dan buah yang terdapat pada daun kelor, memiliki banyak nutrisi. Sebagai mana kita ketahui bahwa nutrisi bisa memberikan efect baik terhadap otak, sehingga kita mampu mengeluarkan Opini dan keputusan yang tepat ketika menghadapi masalah hidup.


10. Terdapat Banyak Energi Pada Daun Kelor

Menjadikan daun kelor sebagai teh hangat di pagi hari mampu memberikan efect sehat dan bugar, sehingga kita merasa fit dan mampu menjalankan aktifitas harian secara maksimal.

Terlepas dari manfaat Daun kelor sendiri memiliki efect samping yang wajib kita ketahui : Daun, biji, dan buah daun kelor sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia ketika di konsumsi, namun terlepas dari itu ada bagian daun kelor yang memang sangat berbahaya saat di konsumsi oleh manusia terlebih untuk Ibu HAMIL, bagian tersebut ialah bagian Akar daun kelor. kandungan yang terdapat pada akar daun kelor dapat menimbulkan kontraksi berlebih pada rahim seorang ibu hamil, kontraksi yang berlebih inilah yang dapat menimbulkan keguguran terlebih untuk ibu hamil yang memiliki kondisi fisik lemah.