Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

VERTIGO, Kenali Jenis-Jenis Penyakit Tersebut

Ketika mendengar kata vertigo, sebagian orang mungkin mengira bahwa itu semacam permainan ekstrim yang bisa temui misalnya di Dufan dan tempat-tempat yang menyajikan wahana permainan semacam itu. Kenapa ada permainan yang disebut vertigo…? Permainan tersebut bisa dikatakan ekstrim, karena setelah menaikinyua, seseorang akan merasa pusing, mual bahkan muntah. Makanya permainan ini tidak disarankan untuk orang yang memiliki riwayat sakit kepala, apalagi jantung karena bisa beresiko memicu kambuhnya penyakit seseorang tersebut. Ada kemiripan dengan pengertian vertigo penyakit yang sama-sama menyebabkan pusing yang tak tertahankan.

 

Penyakit Vertigo yaitu satu keadaan dimana nampak perasaan pusing dibarengi mual, muntah, kehilangan keseimbangan, kelelahan serta terkadang tak sadarkan diri. Sesudah terserang serangan vertigo, seorang bakal terasa lemah, tak dapat berdiri, serta pusing sepanjang beberapa jam sesudah serangan.

 

Beberapa gejala vertigo dapat beragam, salah satunya pusing tidak karuan, kehilangan keseimbangan, badan merasa miring ke satu arah, mual, muntah, gerakan mata yang abnormal, benda-benda disekitar terlihat terbalik bahkan seperti berputar cepat, telinga berdengung serta sakit kepala tak tertahankan. Jika gejala – gejala tersebut sering muncul, maka anda jangan anggap remeh. Segeralah periksakan diri ke dokter dan anda harus tahu penyebab vertigo yang anda derita karena setiap orang yang mengalami vertigo, kemungkinan penyebabnya berbeda-beda.

Ketahui Pula Jenis-jenis VERTIGO Yang Jarang Orang Ketahui Selama Ini

Penyakit vertigo tunjukkan kalau sudah berlangsung tidak seimbangan dalam tonus vestibular. Tidak seimbangan tonus vestibular bisa berlangsung akibat sudah hilangnya input perifer yang dikarenakan rusaknya pada labirin serta saraf vestibular atau bisa dikarenakan oleh rusaknya unilateral dari sel inti vestibular atau pada kesibukan vestibulocerebellar.

 

Hingga sekarang ini masihlah begitu susah untuk mengidentifikasi penyakit vertigo. Vertigo adalah penyakit dengan kompleksitas begitu tinggi. Nyaris semuanya organ badan bertindak dalam penyakit vertigo. Bila keluhan vertigo bersumber di bagian organ indra umumnya dokter THT-KL umumnya lakukan kontrol ENG (elektronistagmografi) untuk tahu dengan tepat.

 

Biasanya, penyakit vertigo digolongkan jadi dua, berdasar pada saluran vestibular yang alami rusaknya. Ke-2 Type penyakit vertigo itu yaitu vertigo periferal serta vertigo sentral. Saluran vestibular merupakan satu diantara organ sisi dalam telinga yang selalu kirim info mengenai posisi badan ke otak untuk melindungi keseimbangan.

 

1. Penyakit Vertigo Periferal

Vertigo periferal dikarenakan oleh disfungsi susunan perifer sampai ke batang otak. Umumnya, vertigo periferal berlangsung bila ada masalah di saluran yang dimaksud kanalis semisirkularis, yakni telinga sisi tengah yang bertugas mengontrol keseimbangan. Walau juga vertigo dapat dikarenakan oleh tak wajarnya banyak organ keseimbangan, vertigo seringkali berlangsung akibat masalah pada system pendengaran.

 

Penyakit vertigo periferal umumnya diikuti beberapa gejala di bawah ini :

  • pandangan gelap
  • rasa capek serta stamina menurun
  • jantung berdebar
  • hilang keseimbangan
  • tak dapat berkonsentrasi
  • perasaan seperti mabuk
  • otot merasa sakit
  • mual serta muntah-muntah
  • memori serta daya fikir menurun
  • peka pada sinar cahay terang serta suara
  • banyak berkeringat
  • dll.

Masalah kesehatan yang umumnya terkait dengan vertigo periferal diantaranya penyakit-penyakit seperti :

  1. Penyakit benign parozysmal positional vertigo (masalah akibat kekeliruan pengiriman pesan). Masalah ini menyebabkan Anda lakukan tanggapan yang salah pada suatu hal.
  2. Penyakit Meniere (masalah keseimbangan yang kerapkali mengakibatkan hilang pendengaran).
  3. Penyakit Vestibular Neuritis (peradangan pada beberapa sel saraf keseimbangan).
  4. Penyakit Labyrinthitis (radang dibagian dalam pendengaran).

Semuanya masalah kesehatan itu dapat jadi permanen bila keluhan vertigo tak selekasnya sembuh dengan cara permanen.

 

2. Penyakit Vertigo Sentral

Vertigo sentral melibatkan sistem penyakit yang memengaruhi batang otak atau cerebelum. Type penyakit vertigo sentral berlangsung bila ada suatu hal yg tidak normal didalam otak, terutama dibagian saraf keseimbangan, yakni daerah percabangan otak serta serebelum (otak kecil). Tanda-tanda vertigo sentral umumnya berlangsung dengan cara bertahap. Umumnya, pasien tak mengerti bila dia telah alami vertigo hingga dijumpai rusaknya orak yang begitu kronis.

 

Di bawah ini yaitu beberapa gejala yang umum dirasa :

  • Pandangan ganda
  • Sulit menelan
  • Kelumpuhan otot-otot wajah
  • Sakit kepala yang parah
  • Kesadaran terganggu
  • Tak dapat berkata-kata
  • Hilangnya koordinasi
  • Mual serta muntah-muntah
  • Badan merasa lemah
  • dll.

Type penyakit vertigo sentral berpusat pada otak. Masalah kesehatan yang terkait dengan vertigo sentral termasuk juga diantaranya stroke, multiple sclerosis (masalah tulang belakang serta otak), tumor, trauma dibagian kepala, migren, infeksi, keadaan peradangan, neurodegenerative illnesses (penyakit akibat kemunduran manfaat saraf) yang menyebabkan efek pada otak kecil. Bila Anda tidak mau menanggung derita penyakit-penyakit akibat vertigo, sebaiknya Anda lakukan mencegah atau penyembuhan mulai sejak awal dengan cara alami. Anda dapat pakai herbal untuk pengobatan itu.

Gejala dan juga ciri-ciri seseorang memiliki penyakit Vertigo:

  1. Ketidaksamaan Type penyakit vertigo periferal serta Type penyakit vertigo sentral
  2. Penyebabnya umum vertigo perifer yaitu infeksi, Ménière’s, neuronitis, iskemia, trauma, racun. Penyebabnya umum vertigo sentral yaitu vaskuler, demyelinating, neoplasma.
  3. Intensitas vertigo perifer tengah sampai berat, sedang vertigo sentral enteng sampai tengah.
  4. Mual serta muntah biasanya berlangsung pada vertigo perifer serta tidak sering berlangsung pada vertigo sentral.
  5. Vertigo perifer biasanya terkait dengan posisi, sedang vertigo sentral tidak sering terkait dengan posisi.
  6. Kehilangan pendengaran sampai ketulian biasanya berlangsung pada vertigo perifer serta tidak sering berlangsung pada vertigo sentral.
  7. Telinga berdenging kerapkali mengikuti vertigo perifer. Pada vertigo sentral, umumnya tak dibarengi telinga berdenging.

 

Sebuah pepatah mengatakan “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Hal tersebut benar adanya. Lalu bagaimana cara mencegah Vertigo menyerang kesehatan kita..? Mulailah merubah gaya hidup, dari yang kurang sehat ke pola hidup yang sehat. Perhatikan pola makan dan asupan makanan yang sehat dan bergizi bagi tubuh kita.


Itulah sekelumit tentang penyakit vertigo yang bisa saya sampaikan. Terimakasih sudah menyimak, semoga bermanfaat. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.